Nikon Matikan Jajaran Kamera Mirrorless Besutannya

Nikon dengan jajaran Kamera Mirrorless memang terkenal cukup erat, tingkat penjualan perangkat Kamera Mirrorless besutan Nikon memang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai kecanggihan mulai dari desain hingga teknologi yang dimiliki oleh Kamera-Kamera besutan Nikon mampu membius para pengguna di berbagai belahan dunia.

Kabar mengejutkan seputar Kamera Mirrorless Nikon muncul baru-baru ini, Nikon dikabarkan akan menghentikan lini produk Kamera Mirrorless besutannya. Tapi tenang saja hanya jajaran Kamera Nikon 1 atau yang diproduksinya sejak 2011 silam saja yang akan dimatikan. Dan diperkirakan penggantinya akan hadir pada lini produk baru.

Memang hingga saat ini, lini perangkat Kamera Mirrorless Nikon sama sekali belum diperbaharui. Terakhir kali Nikon melakukan pembaruan adalah pada tahun 2015, atau sekitar tiga tahun yang lalu, ketika Nikon merilis tipe J5.

Situs resmi Nikon telah memasukkan seluruh lini Kamera Mirrorless tersebut dalam kategori discontinued atau berhenti diproduksi. Perangkat – perangkat yang sudah dihentikan produksinya adalah Nikon 1 J5, J4, J3, J2, J1, S2, S1, V3, V2, V1 dan AW1. Salah satu hal yang mungkin menjadi alasan dimatikannya Kamera Mirrorless Nikon 1 ini karena keputusan untuk menempatkan sensor gambar berukuran 13,2 x 8,8 milimeter.

Ukuran itu sangat kecil, sementara kebanyakan Kamera pesaing kini sudah menggunakan ukuran sensor yang lebih besar. Seperti Sony yang terus mendorong timnya untuk mengembangkan spesifikasi dan fitur Kamera Mirrorless full-frame.

Hal ini memang menjadi batas baru dalam pengembangan kemampuan Kamera di industri Mirrorless. Nikon sendiri saat ini dikabarkan sedang menyiapkan dua Kamera Mirrorless terbaru yang diperkirakan menggunakan sensor full frame. Meski waktu peluncuran kedua Kamera tersebut masih belum diketahui dengan pasti, tapi bisa dipastikan bahwa saat meluncur nanti tidak akan lagi menggunakan nama “Nikon 1”.

Sebenarnya rencana mematikan beberapa jajaran perangkat Kamera Mirrorless besutan Nikon ini sudah terdengar sejak tahun 2016 lalu, akan tetapi entah apa yang membuat baru saat ini recana tersebut menjadi kenyataan.

Leave a comment