Ini Dia Awal Mula Berkembangnya Kamera Digital Dunia

Mungkin sebagian dari kalian belum tahu jika awal perkembangan teknologi fotografi dimulai sejak perangkat Kamera Digital Pertama muncul. Kamera Digital pertama kali muncul di tahun 1975 dilengkapi dengan sensor 0.001 megapiksel dan membutuhkan sekitar 23 detik untuk bisa memproses sebuah gambar.

Kamera Digital pertama ini tidak memiliki banyak warna, hanya bisa menghasilkan gambar dengan warna hitam putih. Ditambah bobot dari Kamera ini juga terhitung sangat berat yaitu sekitar 4 kilogram. Tentu sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan Kamera-Kamera masa kini.

Kamera yang didukung oleh sensor besar bahkan mencapai 48 Megapiksel, tentunya dengan kemampuan memproses gambar lebih cepat. Bukan hanya mengambil gambar tapi bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi tinggi hingga 4K. Ditambah beratnya pun tidak sampai hitungan kilogram, mungkin hanya 100 hingga 200 gram saja bobotnya.

Beralih ke sisi ruang penyimpanan, Kamera Digital lama masih menggunakan album foto yang tentunya memiliki ruang sangat terbatas. Sebuah album foto berkapasitas 50 lembar dan hanya mampu menampung sekitar 200 foto berukuran 4R.

Sedangkan perangkat Kamera modern sudah menggunakan ruang penyimpanan digital. Selain mampu menampung foto dengan jumlah yang jauh lebih banyak, foto yang disimpan pun bisa dalam kualitas terbaik. Terlebih saat ini sudah banyak media penyimpanan dengan kapasitas super besar sehingga semakin banyak pula foto yang bisa disimpan oleh para pengguna.

Meski begitu kita tetap tidak bisa melupakan bagaimana perangkat Kamera Digital pertama ini sangat berjasa demi berkembangnya segmen fotografi dunia. Sepertinya jika Kamera ini tidak pernah muncul hingga saat ini kita masih menggunakan Kamera Analog tradisional. Perkembangan saat ini pun melalui waktu yang sangat Panjang dan proses yang cukup rumit. Jadi tidak heran jika teknologi saat ini jauh lebih sempurna dibandingkan beberapa tahun kebelakang.

Leave a comment